Home » , , , , » Mengenal Lebih Apa Itu SPSS

Mengenal Lebih Apa Itu SPSS

SPSS adalah aplikasi yang digunakan untuk melakukan analisis statistika tingkat lanjut, analisis data dengan algoritma machine learning, analisis string, serta analisis big data yang dapat diintegrasikan untuk membangun platform data analisis. SPSS adalah kependekan dari Statistical Package for the Social Sciences. SPSS sangat populer di kalangan peneliti dan statistikawan untuk membantu melakukan perhitungan terkait analisis data. SPSS menyediakan library untuk perhitungan statistika dengan antarmuka interaktif yang menjadikannya sebagai software analisis data tingkat lanjut paling populer di berbagai universitas, instansi, dan perusahaan. SPSS dirilis pertama kali pada tahun 1998. Kemudian sejak tahun 2009 SPSS telah diakuisisi oleh IBM Corporation sebagai software IBM Analytic. Selanjutnya perangkat lunak ini disebut IBM SPSS Statistics. Software ini dikembangkan dengan bahasa pemrograman Java. SPSS tersedia untuk platform sistem operasi Microsoft Windows, Linux dan Mac OS. SPSS juga dapat diintegrasikan dengan bahasa pemrograman R, Microsoft.NET dan Python untuk penggunaan lebih lanjut.
Penggunaan SPSS
SPSS digunakan oleh berbagai universitas, institusi, dan perusahaan untuk melakukan analisis data. Berikut beberapa contoh penggunaan SPSS,
  1. Melakukan riset pemasaran (market research).
  2. Analisis data survey atau kuesioner.
  3. Populer digunakan untuk penelitian akademik mahasiswa.
  4. Populer digunakan oleh keperluan pemerintahan seperti lembaga BPS.
  5. Data Mining.
  6. Membantu untuk pengambilan keputusan suatu perusahaan.
  7. Penelitian kesehatan masyarakat.
  8. Mendokumentasikan data.
  9. Representasi data statistik.
Fitur Dasar SPSS
Berikut fitur dasar yang disediakan perangkat lunak SPSS, diantaranya adalah:
  1. Statistika deskriptif adalah metode-metode yang berkaitan dalam hal pengumpulan data dan penyajian data sehingga dapat diperoleh suatu informasi dari data tersebut. Beberapa contoh statistika deskriptif yang sering digunakan seperti rataan hitung (mean), nilai tengah (median), nilai yang sering muncul (modus), standar deviasi, ragam, dan lain-lain.
  2. Statistika bivariat adalah analisis yang dilakukan secara simultan untuk melakukan pengujian antar 2 variabel. Beberapa contoh statistika bivariat adalah uji t, ANOVA, uji non parametrik, teorema bayes, dan lain-lain.
  3. Regresi linear adalah suatu alat ukur yang digunakan untuk mengukur hubungan suatu linear variabel independen dengan variabel independent.
  4. Identifikasi Kelompok; beberapa metode untuk mengidentifikasi kelompok: Analisis faktor, analisis klaster (two-step, K-means, hierarchical), dan Discriminant.
  5. Analisis spasial adalah metode-metode yang digunakan dalam pengolahan data Geographic Information System (GIS).
  6. R Extension SPSS adalah aplikasi berupa plugin yang dapat dipasang (install) untuk melakukan implementasi algoritma yang dimasukkan pengguna dengan bahasa pemrograman R.
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Y'O Support : Jaringan IT | YupyOnline | Template
Copyright © 2013. Jasa Pembuatan Riset/Penelitan - All Rights Reserved
YupyOnline Group
Email : yupyonline@gmail.com | Telpon : 089 5040 90001